Bisnis

Ganda Sandwich Irlandia dan Belanda – Memahami Havens Pajak

Ganda Sandwich Irlandia dan Belanda – Memahami Havens Pajak

Konsultan Pajak Jakarta Selatan – Irlandia, negara yang dikenal dengan U2 dan Guinness, lebih dikenal di dunia bisnis sebagai surga pajak. Irlandia berada dalam kelompok yang sama dengan Luxembourg dan Bermuda; Negara tanpa sumber fisik dan juga sumber daya manusia. Namun mereka memanfaatkan peraturan bisnis mereka untuk menarik perusahaan dengan menawarkan lingkungan yang ramah bisnis dan rendahnya pajak pada perusahaan yang tergabung.

Ambil Irlandia, yang telah berada di bawah crosshair internasional untuk sementara karena undang-undang pajak Double Irish (sandwich Belanda di Belanda), dan tidak ada itu bukan minuman. Jalan kecil ini adalah alasan mengapa Apple membayar 2% keuntungannya yang luar biasa di Irlandia di mana tingkat pajak perusahaan adalah 12,5%. Kunci hukum adalah kenyataan bahwa perusahaan induk dan anak perusahaan adalah badan hukum dan pajak yang terpisah.Otoritas Pemerintah yang Relevan dapat mengembangkan dan memberikan panduan prosedural untuk memfasilitasi pengelolaan FI dalam usaha mereka menuju pelaksanaan FATCA.

Jika perusahaan dapat memindahkan barang dan jasa dengan cara panjang satu sama lain, tidakkah lebih baik menyalurkan keuntungan ke negara dengan tingkat pajak rendah atau 0%.

Misalnya, bayangkan anak perusahaan X di Irlandia dan Manager Y yang mengendalikannya di tax haven Bermuda. Setiap kali anak perusahaan mendapatkan keuntungan, dia akan dipindahkan ke Y. Oleh karena itu, pajak akan dikenai pajak kurang atau tidak sama sekali – karena jumlah keuntungan tersebut merupakan keuntungan Manajer Y. Karena tidak perlu mengembalikan modal kembali ke AS, ini menghasilkan tingkat pajak tunggal yang rendah. Seandainya anak perusahaan tersebut berbasis di negara seperti AS, anak perusahaan yang sama ingin menghadapi tagihan pajak di kisaran 40%. Ini menjelaskan posisi kas besar yang dimiliki Apple di luar negeri, jauh lebih banyak dari posisi uang di AS.

Tentu saja, tidak setiap perusahaan bisa memanfaatkan celah Irlandia ganda ini. Aturannya banyak memanfaatkan teknologi dan perusahaan farmasi. Mengapa Karena perusahaan ini memiliki kekayaan intelektual. Mengapa itu penting Dalam mentransfer keuntungan dari anak perusahaan X ke Y, perusahaan memerlukan alasan sah untuk membayar Y. Bahkan peraturan menyatakan bahwa perusahaan tidak dapat hanya mentransfer keuntungan dari Irlandia ke tempat berlayar pajak yang rendah dengan tujuan membayar pajak yang lebih rendah. Jalan-jalan di sekitar undang-undang tersebut adalah untuk menghasilkan alasan yang sah karena harus membayar Manajer Y di Bermuda.

Jadi strateginya adalah meminta Manajer Y memiliki kekayaan intelektual dan kemudian kontrak royalti dibuat antara X dan Y. Dengan cara ini, anak perusahaan X mengirimkan royalti kepada Y sehingga menghitung sebagai keuntungan Y dan biaya untuk X.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*