Inilah Jenis-jenis Fobia yang Harus Anda Ketahui

Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu. Di mana biasanya tidak membahayakan. Ketakutan ini bisa timbul saat menghadapi kondisi atau situasi tertentu baik berada di suatu tempat maupun saat melihat hewan dan benda tertentu. Fobia sendiri dikategorikan ke dalam penyakit gangguan kecemasan. Penderita fobia selalu berusaha untuk menghindari situasi maupun objek yang dapat memicu ketakutan atau akan berusaha menghadapinya sambil menahan rasa cemas serta rasa takut. Jadi, ada baiknya konsultasi dengan dokter di klikdokter yang menyediakan dokter gratis.

Inilah Jenis-jenis Fobia yang Harus Anda Ketahui

Jenis-jenis Fobia

Menurut Harvad  Health Publishing secara garis besar ada beberapa jenis-jenis fobia

  • Fobia sederhana

Untuk jenis fobia ini kemungkinan besar orang mempunyai ketakutan terhadap hewan tertentu seperti terhadap laba-laba, kucing, anjing dan ular, takut terhadap orang baik kepada dokter badut ataupun dokter gigi. Sementara rasa takut terhadap lingkungan misalkan petir gelap dan tempat tinggi atau rasa takut terhadap situasi misalkan sedang terbang di pesawat atau sedang naik kereta sebagian kondisi tersebut bersifat atau genetik.

  • Fobia sosial atau gangguan kecemasan sosial

Orang yang mengidap gangguan kecemasan sosial takut terhadap situasi yang memungkinkan mereka mendapatkan penghakiman serta dipermalukan oleh orang lain. Penderita fobia sosial biasanya akan merasa cemas tatkala berhubungan dengan orang yang tidak familiar. Ketakutan ini jadi akan berpengaruh pada penampilan mereka di depan umum seperti pada saat konser memberikan ceramah ataupun presentasi bisnis.

Pada umumnya kondisi tersebut akan menyebabkan orang lain menghindari banyak situasi sosial misalkan makan di tempat yang ramai atau menggunakan toilet umum.

Fobia sosial terkadang diturunkan dalam keluarga. Orang yang sering merasa malu serta suka menyendiri waktu kecil bisa saja mengalami gangguan kemasan sosial. Tidak hanya itu saja pengalaman negatif atau tidak menyenangkan juga akan menjadi salah satu risiko yang menyebabkan fobia sosial

  • Agorafobia

Jenis fobia selanjutnya yakni agoraphobia. Agoraphobia yaitu ketakutan berada di ruang publik. Penderita fobia ini biasanya akan merasa kesulitan dan memalukan jika pergi atau meninggalkan tempat secara mendadak. Orang dengan kondisi agoraphobia akan berusaha menghindari bioskop ataupun tempat konser. Bahkan menghindari bepergian dengan kereta ataupun bus. Umumnya orang dengan penderita agoraphobia akan mengalami gejala gangguan panik. Gejala gangguan panik tersebut di antaranya perasaan ketakutan secara terus-menerus serta gejala fisik yang tidak merasa nyaman misalkan berkeringat gemetar dan jantung berdebar.

Fobia sendiri kebanyakan terjadi pada saat masa pubertas. Akan tetapi fobia binatang badai air ataupun darah biasanya dimulai saat anak-anak. Rentang usia anak-anak yang mengidap fobia biasanya sekitar berusia 5 hingga 9 tahun serta cenderung berlangsung sebentar. Sementara yang lebih akan muncul terutama pada orang di usia 20 tahunan. Untuk orang dewasa sendiri tersebut cenderung bertahan selama bertahun-tahun serta tidak dapat sembuh dengan sendirinya kecuali melakukan perawatan. Namun sebagai bahan informasi fobia bisa meningkatkan risiko penyakit kejiwaan lain misalkan depresi gangguan kecemasan serta penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Kapan penderita fobia harus ke dokter ada baiknya konsultasikanlah dengan psikolog maupun psychiater. Apabila Anda mengalami fobia yang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari khususnya ketika fobia tersebut mengganggu produktivitas saat Anda di sekolah tempat kerja atau telah mengganggu kehidupan sosial. Misalkan apabila fobia yang dialami membuat anda sering menghindari situasi atau tempat tertentu karena perasaan cemas panik atau pun takut dan fobia dialami terus-menerus selama 6 bulan atau lebih.

Oleh karena itu klikdokter merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang menderita fobia dan ingin melakukan konsultasi dengan dokter gratis.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>