Uncategorized

Pentingnya Stock Opname Pada Gudang

Pastikan untuk melakukan briefing untuk menjelaskan tugas masing-masing, dan input mutasi barang harus sudah selesai sebelum stock opname dilakukan. Setelah persiapan di gudang selesai dilakukan, maka selanjutnya Anda harus mempersiapkan tim. Intinya, untuk menentukan periode stock opname, setiap perusahaan bisa menyesuaikan dengan tingkat kepentingan dan kemampuan perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan tentu saja memiliki pilihan masing-masing untuk melakukan kegiatan stock opname.

Mempercepat proses pengambilan keputusan pada saat ada barang yang hilang atau rusak. Dapat mencocokkan jumlah barang di gudang dengan jumlah barang yang tertera pada catatan pembukuan. Hal ini dilakukan agar hasil dari kegiatan stok opname lebih akurat.

Stock opname penting untuk dilakukan karena kegiatan ini merupakan salah satu fungsi dari sistem pengendalian internal (internal control). Kegiatan penghitungan ini dilakukan agar perusahaan mengetahui catatan pembukuan barang dagangan secara akurat. Melakukan pencatatan secara teratur pada saat ada barang yang masuk, pindah tempat, dan barang keluar.

Memisahkan stok baru dan stok lama. Biasanya gudang ini mencakup banyak sekali barang dan jenis-jenis lain. Karena digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, biasanya gudang berpotensi untuk menyimpan debu.

Nah, maka dari itu sebaiknya sahabat SimpliDOTS harus pisahkan antar stok lama dan stok baru. Pisahkan Antara Stok Lama Dan Stok Baru. Serta sahabat SimpliDOTS akan dapat mengetahui barang mana sajakah yang mengalami kecacatan atau salah produksi.

Selalu perhatikan untuk mengecek ulang barang sebelum dimasukkan ke dalam rak. Apalagi jika stock barangnya cukup banyak dan pastinya hal itu akan membuat sahabat SimpliDOTS merasa bingung bukan? Waktu itu saya memergoki RL berada di dalam gudang ketika memasukkan gulungan tembaga ke dalam karung, begitu perbuatannya ketahuan, pelaku mencoba kabur lewat gudang bagian belakang dengan cara melompati pagar terbuat dari seng,” beber Ginda ketika wartawan mengkonfirmasi kejadian tersebut.

Pria pengangguran ini kepergok ketika mencoba mencuri di gudang barang bekas milik Ginda Martua Harahap di Desa Pudun Julu, Senin malam (26/11/2018) pukul 23.00 WIB. Api yang berkobar di gudang tersebut lalu merembet ke rumah di sebelahnya. Gudang Barang Bekas dan Rumah di Martubung Terbakar.

– Pastikan Anda mengetahui dan mengenal jenis barang dagangan yang disimpan dan cara merawatnya. Khusus bagi Anda yang merupakan penjual reseller, Anda bisa mengembalikan barang tersebut kepada supplier atau pemasok Anda. Khusus untuk barang-barang yang cacat, Anda bisa mengumpulkannya ke dalam satu tempat lain dan jangan lupa pula untuk memberikan tanda atau catatan kecil mengenai keterangan cacat pada bagian mana atau lainnya.

Pisahkan Stok Baru dan juga Stok Lama. Memberikan Kode di Setiap Barang Anda. Mulai dari data penjualan, pembelian, biaya, laba rugi, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk melakukan pencatatan secara rutin setiap ada barang yang masuk, pindah tempat, dan barang keluar. 5. Memisahkan stok baru dan stok lama. Anda bisa memulai dari jumlah persediaan yang dibutuhkan pada periode ini.

Poin utama yang akan digunakan dan dibutuhkan di dalam semua hal yang berkaitan dengan manajemen tentunya adalah data yang akurat. 1. Memiliki gudang penyimpanan yang cukup. Manfaat dari sebuah manajemen gudang  cari gudang jakarta antara lain:

Sehingga perusahaan harus memperhatikan sejak merancang SOP untuk bagian gudang, seperti; Bagian ini digunakan untuk meng-input data-data barang yang keluar.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*